Anda di sini

Memastikan Kualitas Publikasi yang Terbaik

Di WRI, kami berkomitmen dalam menyediakan penelitian berkualitas tinggi. Publikasi kami memegang taguh standar kualitas "akademik" seperti ketelitian dan objektivitas. Publikasi kami juga tepat waktu, disesuaikan dengan pembaca, dan berakar dari rencana strategis dalam mencapai perubahan positif di dunia. Publikasi kami juga harus sejalan dengan misi dan nilai WRI, yakni: integritas, inovasi, urgensi, independen, dan hormat.

Publikasi yang muncul di laman Publikasi WRI pada umumnya adalah salah satu dari tiga kategori berikut: laporan, rangkuman isu, dan kertas kerja. Proses peninjauan pada masing-masing kategori dijelaskan di bawah ini.

Laporan dan Rangkuman Isu

Laporan dan rangkuman isu dikeluarkan melalui prosedur evaluasi yang sangat panjang, baik itu dari segi internal maupun eksternal, yang diawasi oleh Wakil Presiden WRI Bidang Keilmuan dan Penelitian. Semua laporan dan rangkuman isu WRI telah ditinjau oleh sedikitnya empat penilai internal dan empat penilai eksternal, yang terdiri dari ahli pada bidangnya, pembaca yang dituju, dan kritikus yang diakui. Publikasi-publikasi ini harus disetujui untuk diterbitkan oleh Direktur Program dan Wakil Presiden Bidang Keilmuan dan Penelitian.

Kertas Kerja

Kertas kerja WRI ditujukan untuk mengomunikasikan proses dan hasil pekerjaan WRI yang sedang berlangsung. Dalam kebanyakan kasus, kertas kerja terdiri dari penelitian yang perlu diketahui secara luas dan umpan balik dari pemangku kepentingan sebelum diselesaikan sebagai laporan maupun rangkuman isu. Pada kasus lainnya, kertas kerja digunakan sebagai sarana dalam merespon adanya kesempatan dengan jendela waktu yang sensitif dan cepat berubah, seperti analisis pada draf standar, atau posisi suatu negara pada proses internasional. Semua kertas kerja kami memiliki catatan sebagai berikut:

Kertas kerja World Resources Institute mengandung penelitian, analisis, temuan dan rekomendasi pendahuluan. Kertas kerja diterbitkan untuk menstimulasi diskusi dan umpan balik kritis yang tepat waktu, serta mempengaruhi debat pada isu penting yang sedang berlangsung. Kebanyakan dari kertas kerja pada akhirnya dipublikasikan dalam bentuk lain dan mendapatkan revisi.

Semua kertas kerja WRI melewati proses evaluasi yang ditentukan oleh Direktur Program. Pada umumnya, kertas kerja juga mendapatkan beberapa peninjauan dari pihak internal maupun eksternal, dan disetujui untuk diterbitkan oleh Direktur Program.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai prosedur peninjauan kami, silakan hubungi Andhyta Utami.

Tetap Terhubung

Dapatkan Nawala Kami

Dapatkan laporan, informasi acara, publikasi, dan berbagai bahan multimedia kami. Silakan mendaftar untuk membaca nawala WRI Digest yang terbit setiap dua minggu dan berbagai nawala lainnya.