You are here

Belajar Online: DI BALIK APLIKASI EMISI - Memahami, Menghitung, dan Menyerap Emisi dari Transportasi Darat

Aplikasi Nol Emisi Indonesia (EMISI) dikembangkan untuk menyediakan media yang mudah diakses bagi masyarakat Indonesia untuk menghitung emisi mereka dan mempelajari jejak karbon mereka serta dampaknya terhadap lingkungan dan komunitas mereka. Sebagai platform, EMISI memungkinkan lebih banyak individu untuk melacak emisi transportasi mereka dan kemudian melakukan aksi untuk menguranginya. Aplikasi ini juga mempromosikan penyerapan dengan penanaman pohon sebagai upaya terakhir. Perhitungan kebutuhan penyerapan dilakukan dengan menghitung jumlah total pohon yang perlu ditanam setara dengan emisi yang dikeluarkan.

Meskipun EMISI secara mudah menyediakan alat dan mekanisme penghitungan, pengurangan, dan penyerapan emisi, metodologi bagaimana perhitungan emisi dan kebutuhan penyerapan dengan penanaman pohon juga penting dipahami oleh berbagai kelompok masyarakat. Metodologi ini telah dan akan diadopsi oleh berbagai pemangku kepentingan di Indonesia — termasuk pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan swasta, komunitas, pakar ilmiah, dan masyarakat umum — untuk membantu untuk mengintegrasikannya pada sistem mereka, mengembangkan kalkulator sendiri, dan meningkatkan pengetahuan penyerapan karbon dioksida oleh pohon serta menambah nilai untuk tujuan penelitian dan pengembangan lainnya.

Dengan latar belakang tersebut, WRI Indonesia menyelenggarakan webinar "Belajar Online: DI BALIK APLIKASI EMISI", untuk melakukan sosialisasi metodologi perhitungan emisi dan kebutuhan penanaman pohon yang merupakan metodologi dibalik EMISI. Metodologi tersebut juga dijelaskan dalam Technical Note: Indonesia Zero Emissions Application (EMISI) - Methodologies for Calculating Urban Transport Emissions and Tree Sequestration. Selain itu, sesi ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat keterbukaan dan transparansi dari berbagai pihak yang menggunakan sains untuk menyampaikan solusi permasalahan lingkungan bagi khalayak publik seperti pengimbangan emisi. Hal ini penting agar setiap program ini dapat meningkatkan akuntabilitasnya dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dapatkan e-sertifikat webinar dan penanaman pohon GRATIS!

Raih kesempatan menanam pohon gratis senilai jutaan rupiah untuk 3 pemenang!

Pembicara

Pentingnya Transparansi Metode dalam Ilmu Lingkungan dan Sekilas tentang Aplikasi EMISI (Unduh materi)

  • Nanda Noor, Penanggung Jawab Proyek Pengurangan Emisi WRI Indonesia

Metode Penghitungan Emisi dan Polutan dari Transportasi Darat (Unduh materi)

Tim penulis:

  • Seny Damayanti, MT., Dosen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung
  • Muhamad Rizki, Spesialis Mobilitas dan Transportasi untuk Proyek Pengurangan Emisi WRI Indonesia

Metode Menghitung Penyerapan Emisi dengan Penanaman Pohon (Unduh materi)

Tim penulis:

  • Imam Basuki, Ph.D, Peneliti Utama untuk Pemantauan Lahan Gambut Wineco Indonesia Lestari (Winrock)
  • Dewi Sari, Peneliti Keberlanjutan untuk Proyek Pengurangan Emisi WRI Indonesia
  • juga mewakili Rinaldi Imanuddin, Peneliti Nilai Hutan dan Biometrika, FORDA

Kontak: Sakinah Ummu Haniy (sakinah.haniy@wri.org)

Share

Stay Connected

Sign up for our newsletters

Get the latest commentary, upcoming events, publications, and multimedia resources. Sign up for the monthly WRI Indonesia newsletter.