You are here

Women Participation in Customary Forest

Case Study in South Sumatra and Riau

This study shows the gap in people's participation, especially the reasons behind a lack of women participation in customary forest management.

Key Findings

Executive Summary

This publication is currently only available in Indonesian.

  • Pengelolaan hutan berbasis masyarakat telah diterapkan secara luas karena partisipasi masyarakat setempat dipercaya dapat memberikan manfaat lingkungan dan sosial. Akan tetapi, tidak semua anggota masyarakat mendapat kesempatan dan akses yang sama untuk berpartisipasi dalam mengelola hutan.
  • Studi ini menelaah kesenjangan partisipasi masyarakat dalam Perhutanan Sosial di Indonesia, sebuah kebijakan nasional yang menerapkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat. Secara khusus, studi ini mendalami alasan rendahnya partisipasi perempuan dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
  • Kami menggunakan dua contoh kasus masyarakat hukum adat yang menjadi fokus kerja WRI Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, diskusi kelompok terarah (FGD), observasi lapangan, dan transect walk ke hutan.
  • Sebagai kebijakan, Perhutanan Sosial menyediakan platform bagi komunitas untuk berpartisipasi dalam mengelola sumber daya alam. Akan tetapi, partisipasi di tingkat tapak menunjukkan Perhutanan Sosial cenderung menguntungkan elit laki-laki dan menguatkan dominasi laki-laki dalam mengelola hutan.
  • Norma dan persepsi sosial banyak memengaruhi partisipasi perempuan dalam pengelolaan hutan. Perempuan cenderung memegang peran domestik dalam rumah tangga, sementara pengelolaan hutan identik dengan ranah publik yang didominasi laki-laki.
  • Implementasi Perhutanan Sosial perlu mempertimbangkan dinamika kuasa dalam komunitas supaya dapat melibatkan kelompok perempuan secara berarti. Pengarusutamaan gender dalam implementasi Perhutanan Sosial dan pendampingan yang sensitif terhadap gender dapat menjadi cara praktis untuk memastikan keterlibatan perempuan.

Stay Connected

Sign up for our newsletters

Get the latest commentary, upcoming events, publications, and multimedia resources. Sign up for the monthly WRI Indonesia newsletter.