Tujuan

Partnership to Strengthen Transparency for Co-Innovation (PaSTI) bertujuan untuk meningkatkan kerja sama inovatif antara pemerintah pusat, aktor non-pemerintah (NSA) dan komunitas global untuk memperkuat kerangka transparansi yang berkaitan dengan pengurangan emisi gas rumah kaca serta untuk mencapai target penurunan emisi Indonesia yang tertuang dalam Nationally Determined Contribution (NDC).

Mengapa

Transparansi dan akuntabilitas adalah dua aspek kunci dalam Perjanjian Paris yang perlu diperkuat baik oleh pemerintah nasional maupun aktor-aktor non-pemerintah. Kurang tersedianya data yang berkualitas serta berbagai kendala dalam pengumpulan, pengelolaan, dan koordinasi data dapat menghambat upaya pemerintah dalam menghasilkan data emisi gas rumah kaca nasional yang akurat. Dampaknya, pemantauan kemajuan serta evaluasi program-program yang telah dijalankan pun tidak dapat berjalan secara maksimal.

Kemampuan untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengoordinasikan data emisi gas rumah kaca dari para pemangku kepentingan sangatlah penting. PaSTI dirancang untuk meningkatkan kapasitas negara dalam transparansi dan akuntabilitas dengan mendukung pengembangan sistem pengawasan, pelaporan, dan verifikasi (MRV) terpadu, sekaligus mendorong kolaborasi dan kerja sama inovatif antara aktor-aktor pemerintah, non-pemerintah, dan komunitas global.

Siapa

Proyek PaSTI di Indonesia dikoordinasikan oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) yang menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang (MOEJ). BAPPENAS akan mengoordinasikan upaya pengumpulan data emisi dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Dalam pelaksanaannya di Indonesia, PaSTI didukung oleh WRI Indonesia dan Overseas Environmental Cooperation Center (OECC) Jepang.

Bagaimana

PaSTI mendukung upaya BAPPENAS dalam mengembangkan sistem MRV terintegrasi lintas kementerian yang akan digunakan oleh aktor-aktor non-pemerintah untuk melaporkan aktivitas pengurangan emisi gas rumah kaca dan aksi iklim mereka. PaSTI juga mendorong aktor-aktor non-pemerintah untuk berpartisipasi aktif dalam aksi iklim nasional dengan mempromosikan mekanisme insentif.

Kegiatan tersebut meliputi:

  1. Analisis lanskap global dan studi nasional dalam memperkuat dan mengefektifkan sistem MRV di Indonesia
  2. Analisis kebijakan dan analisis ekonomi untuk melaksanakan sistem pelaporan emisi nasional yang terintegrasi di Indonesia
  3. Pengembangan skema implementasi sistem MRV terintegrasi untuk aktor-aktor non-pemerintah dengan protokol yang jelas
  4. Peningkatan kapasitas untuk memperkuat kerangka transparansi